Menggoreng Donat yang Matang Merata dan Cantik


Adonan roti berlubang tengah yang digoreng ini disukai banyak orang. Meskipun terlihat gampang, menggoreng donat perlu ketelitian agar hasilnya matang merata dan cantik warnanya.

Sebelum menggoreng, siapkan panci cekung dan isi dengan minyak goreng. Pilih minyak dengan titik asap tinggi agar hasil gorengan bagus. Panaskan minyak hingga suhunya mencapai 170-180 C.

Masukkan donat perlahan dengan cara mendorongnya dari pinggiran panci atau wajan. Perhatikan suhu minyak, jika tak memakai termometer minyak, kecilkan api sedikit saat donat mulai dimasukkan.

Jika minyak terlalu panas, donat langsung gosong sementara adonan roti masih mentah. Jangan memasukkan donat terlalu banyak. Beri ruang cukup pada panci atau wajan agar donat bisa dibalik dengan baik.

Setelah salah satu sisinya kecokelatan donat bisa dibalik. Donat yang sudah mulai matang akan terasa ringan karena adonan sudah matang. Angkat dengan sumpit bambu besar atau sendok peniris dan tiriskan.

Untuk menggoreng kembali donat berikutnya, panaskan sebentar minyak. Setelah minyak pada donat tiris, dinginkan donat. Setelah dingin baru bisa diberi isian atau olesan berupa krim mentega atau cokelat leleh atau taburan gula donat.