Ini Penjelasan Indofood Terkait Kabar Beredarnya Indomie Goreng Palsu

Foto seorang pengguna Facebook yang menunjukkan dua kemasan Indomie goreng yang berbeda tidak hanya kemasan, tetapi juga urutan bumbu dan rasanya, tengah menyebar di media sosial Indonesia. Benarkah demikian? Berikut ini penjelasan Indofood terkait kabar peredaran Indomie goreng palsu.
Singkat cerita, perusahaan yang memproduksi Indomie tersebut menyangkal isu tersebut.
"Itu tidak benar itu, sudah ada klarifikasi juga dari (pengguna) akun Facebook-nya itu. Kan mesin itu kan suka beda variasinya kan, tetapi itu memang produksi kami, jadi enggak palsu," tutur  Stefanus Indrayana, General Manager Corporate Communication PT Indofood Sukses Makmur Tbk saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Rabu (26/8/2015).
Stefanus menjelaskan temuan tersebut wajar karena Indofood memang memiliki variasi sehingga ada perbedaan dalam pencetakan kemasan Indomie. Kondisi ini pula yang menyebabkan urutan bumbu pada Indomie menjadi berbeda-beda.
"Jadi, itu produk kami. Kalau berbeda, memang ya karena biasa kan, ada varian, atau lain produksi, jadi mungkin capnya enggak sama. Biasalah. Ini termasuk soal itu juga (perbedaan letak bumbu)," kata dia.
Jika memang asli dan berasal dari produsen yang sama, mengapa rasanya berbeda seperti yang diklaim pengunggah foto tersebut? Stefanus menduga bahwa hal itu hanya persepsi dari konsumen.
"Mungkin itu konsumennya punya persepsi saja karena yang satu beli di minimarket, dan satu lagi beli di warung, terus rasanya beda. Ya biasalah anak-anak, netizen. Jadi konfirm, isu itu tidak benar," ucap Stefanus.
(Yoga Sukmana/kompas.com)